Senin, 29 Juni 2015

Alahan Panjang

Kota Alahan Panjang 

Ditahun 1964 aku pernah kesini, waktu itu baru berumur 7 tahun. Kedatanganku waktu itu adalah ikut mengantarkan kak tuanku (Kakak Iparku) yang menjadi guru SMP di negeri ini. Kini aku kembali berada disini “Alahan Panjang”
Banyak informasi yang sudah aku dapatkan via jejaring social tentangnya. Disana ditulis bahwa: Alahan Panjang adalah sebuah ibu kota Kecamatan Lembah Gumanti, berjarak 65 Km dari Kota Padang. Berada di atas gugusan bukit barisan pada ketinggian 1.400 – 1.600 m dpl. Saking berbedanya suhu udara dengan Kota Padang, maka para remaja kota biasanya menyebut negeri ini dengan istilah “kutub tengah”. Dinginnya membuat badan menggigil, Ihhh rrr, dinginnya ampun dech . 
Kecamatan Lembah Gumanti terdiri dari beberapa nagari yaitu Air Dingin, Salimpat dan Sungai Nanam. Dilereng sebelah timurnya terdapat Taman Nasional Kerinci Seblat.
Alahan Panjang ini terletak di dataran tinggi minangkabau yang banyak menghasilkan karet, kopi, tebu, ubi jalar, jagung, tembakau dan pisang. Dataran Tinggi Minangkabau ini adalah gugusan bukit barisan bagian tengah. Mempunyai tiga puncak tertinggi yang dinamakan tri arga.
Lembah Gumanti adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Solok yang memiliki potensi alam yang sangat indah dan lahan pertanian yang subur, dengan hasil tani yang melimpah berupa sayur-sayuran  dan buah-buahan.

Dekat kota Alahan Panjang terdapat tiga buah danau yaitu Danau Diatas, Danau Dibawah dan Danau Talang. Danau Diatas dan Danau Dibawah lebih popular karena ukurannya lebih luas dari Danau Talang. Danau Diatas dan Danau Dibawah ukurannya hampir sama sehingga sering disebut “danau kembar” Danau Diatas terletak di ketinggian 1.525 m dpl, Danau Dibawah terletak di ketinggian 1.458 m dpl. sedang Danau Talang terletak diketinggian 1.663 m dpl. Jarak terdekat Danau Diatas dan Danau Dibawah  sekitar 2 Km, sedangkan jarak  Danau dibawah dengan Danau Talang adalah 0,8 Km.  Udara disekitar danau cukup sejuk karena berada pada daerah pegunungan. Sebaiknya siapkan baju hangat jika tidak tahan dingin. Pemandangan di ketiga danau tersebut sangat indah. Bagi yang ingin berkeliling danau di Danau Diatas, terdapat perahu yang dapat disewa disekitar danau. Tapi di Danau Dibawah pengunjung tidak bisa melakukan wisata air, karena danau ini cukup dalam yaitu sekitar 800 m. Ketiga danau tersebut dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan darat. Danau Diatas berada di Kecamatan Lembah Gumanti, yang berada dipinggir jalan raya Padang- Muara labuh. Danau Dibawah berada di Kecamatan Lembang Jaya, yang berada dipinggir jalan Lubuk Selasih ke Kubang nan Duo. Danau Talang berada di Kecamatan Gunung Talang, yang berada tidak jauh dari jalan nasional  Lintas Sumatra, lalu membelok ke kanan jalan beberapa kilometer dari atas Nagari Talang. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar